Kamis, 03 September 2015

Panduan membuat blog

Panduan Singkat Membuat Blog di Blogger
Membuat sebuah blog adalah hal yang sangat mudah. Di artikel kali ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat sebuah blog melalui blogger. Di antara beberapa layanan penyedia blog gratis, saya paling suka dengan blogger karna mudah untuk digunakan, tersedia dalam mobile version, dan yang paling penting, terintegrasi dengan google adsense. Ya tentu saja karna blogger adalah produk dari google, oleh karna itu sudah terjamin kualitasnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan dan perhatikan saat ingin membuat blog melalui blogger.

Pertama, kunjungi situs Blogger

Kedua, masuk dengan akun gmail atau google anda. Karna blogger dan gmail adalah sama-sama produk dari google, maka anda dapat menggunakan akun gmail anda untuk membuat blog baru di blogger. Bukan hanya itu tapi satu akun untuk semua aplikasi dan produk google. Efisien!

Ketiga, setelah berhasil masuk, silakan click tombol New Blog seperti yang ada di gambar berikut.

 
Setelah itu, akan muncul layar baru seperi berikut ini :

Pada gambar di atas terdapat tiga hal yang harus anda isi.
 
Title. Title / Judul dapat anda isi sesuai dengan tema blog anda atau bisa berupa kata-kata yang anda sukai. Judul dapat diganti di kemudian hari.

Adress. Adress / Alamat url merupakan hal yang penting karna selain tidak dapat diganti-ganti, juga sebagai pintu masuk bagi pengunjung ke blog anda. Lalu bagaimana sebaiknya menentukan sebuah alamat url untuk blog? Tergantung pada jenis blog yang akan anda kembangkan. Apabila blog yang akan anda kembangkan adalah sebuah blog pribadi, maka anda dapat menggunakan url dengan nama anda atau bebas sesuai keinginan anda, tapi jika blog yang akan anda kembangkan memiliki niche tertentu dan berencana untuk dimonetisasi, sebaiknya anda menggunakan url yang berkaitan dengan niche yang anda pilih sehingga lebih menarik pengunjung untuk datang. Misalnya niche blog anda adalah mengenai perawatan kendaraan, maka url yang anda gunakan sebaiknya tidak jauh-jauh dari perawatan kendaraan. Contohnya perawatan-mesin-motor.blogspot.com atau hemat-bbm-mobil.blogspot.com.

Template. Pada settingan awal ini sebaiknya anda pilih saja template simple. Apabila di kemudian hari anda bosan dan ingin mengganti template, anda bisa mengganti dan mendesign template melalui menu -> template -> customise. Namun dalam mendesign template ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti warna background, wana huruf, ukuran huruf, jenis huruf, penataan letak, dll. Hal-hal ini terlihat sederhana namun dapat menentukan keberhasilan blog anda dalam jangka panjang. Gunakanlah warna-warna yang bersahabat dengan mata dan jenis huruf yang mudah untuk dibaca.

Setelah semua langkah di atas telah anda lakukan, maka blog anda sudah siap untuk diisi. Postinglah tulisan / artikel yang sesuai dengan tema blog anda.
Selain itu gunakanlah label secara maksimal karna label akan sangat membantu blog / artikel anda agar dapat ditemukan oleh mesin pencari. Apabila blog anda sudah terindeks dan memiliki page rank yang bagus, maka siap-siaplah blog anda akan kebanjiran pengunjung setiap harinya. Sungguh menarik bukan!

edit : Ternyata label pada blogger tidak memiliki pengaruh apapun pada hasil pencarian mesin pencari, melainkan hanya sebatas penanda atau kategori artikel saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar